Article

  • We are on the Social Media

TAMU KITA: Berkenalan dengan Pasukan Orange

Date: June 5, 2017 Author: gitasagita Categories: Article, Events, News

Hampir setiap harinya kita menjumpai petugas-petugas yang menyapu dan membersihkan jalan umum di wilayah ibukota. Mereka biasanya memakai pakaian berwarna orange. Siapakah mereka? Apakah tugas mereka hanya membersihkan jalan umum saja? Nah, untuk lebih mengenal “Pasukan Orange” ini, TKK 5 PENABUR Taman Mini pun mengundang mereka untuk menjadi tamu di sekolah.

Pada hari Jumat yang lalu (02/06), anak-anak TK 5 PENABUR Taman Mini kedatangan Perwakilan dari Pasukan Orange ini. Mereka adalah Bapak Onin Sunaryah dan Ibu Lasmah. Mereka adalah petugas PPSU dari Kelurahan Bambu Apus, dimana wilayah sekolah ini berada.

Pak Onin dan Bu Lasmah menjelaskan bahwa yang selama ini kita sebut dengan pasukan orange adalah Petugas PPSU. PPSU singkatan dari Penanganan Prasarana dan Sarana Umum.

Lebih lanjut, mereka menjelaskan bahwa pekerjaan mereka tidak hanya menyapu jalan dan membersihkan sampah saja, tetapi juga memperhatikan serta melaporkan kebutuhan-kebutuhan di jalan umum, seperti salah satunya kebutuhan penerangan atau lampu di jalan umum, kebutuhan pengadaan tempat sampah, mereka juga memangkas ranting-ranting pohon yang terlalu rimbun yang sekiranya mengganggu aktivitas masyarakat dan pengguna jalan, dan masih banyak pekerjaan lain. Petugas PPSU juga pernah diperbantukan untuk membantu masyarakat ketika ada musibah banjir beberapa waktu yang lalu juga, loh.

Wah, ternyata pekerjaan mereka tidak mudah ya, dan sungguh berjasa.

Anak diajari cara menyapu jalan oleh Petugas PPSU

Pak Onin dan Bu Lasmah juga berpesan bahwa sekalipun ada pasukan orange yang selalu membersihkan jalan, tetapi kita tetap harus menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Sebelum pulang, Pak Onin dan Bu Lasmah mengajak anak-anak untuk menyanyikan yel-yel dari PPSU Kelurahan Bambu Apus.

Semoga melalui kegiatan ini, anak-anak TKK 5 PENABUR dapat lebih mengenal pekerjaan Petugas PPSU. Selain ikut dalam menjaga kebersihan lingkungan, diharapkan anak-anak juga dapat menghargai orang lain dan pekerjaannya yang baik.